Tips dan Trik yang membuat anda menjadi Fotografer Handal


Tips dan Trik yang membuat anda menjadi Fotografer Handal


Menjadi fotografer handal menjadi idaman sebagian orang karena tidak hanya mengabadikan momen sakral, tetapi juga mengambil momen-momen yang sering terlewatkan bahkan mengabadikan kejadian unik yang menajubkan. Fotografer menjadi profesi yang menjanjikan sekarang seiring dengan berkembangnya media sosial advertising seperti instagram. Dalam menjadi fotografer yang handal diperlukan keahlian yang tinggi dan tidak serta merta mudah dilakukan. Berikut tips bagi anda untuk menjadi fotografer yang Handal.


1.         Memotret hingga detile titik dan bintik kecil
Memotret titik kecil sangatlah sulit dilakukan, seperti berfokus pada tetesan air, jerawat kecil, semut dan lainnya. Semuanya membutuhkan keahlian khusus. Kamera moderm sekarang memiliki fitur yang bagus yang disebut dengan evaluatif matrix dan multiarea. Pada kamera ini akan dapat mengambil gambar dengan setting yang baik dengan paparan berbagai situasi.
Meskipun tidak menjamin 100% hasil yang baik, tetapi dapat diaplikasikan pada gambar dengan cahaya cerah dan gelap bahkan pada kondisi backlight. Mengganti spot mater akan mengendalikan kamera dan membantu perkembangan jangkauan.
2.         Memeriksa Histogram Kamera
Seperti halnya tampilan edit gambar, seperti photoshop, kamera juga memiliki fitur histogram dengan tampilan grafik yang merepresentasikan kecerahan piksel dari gambar. Skala berjalan dari hitam hingga cerah, dengan range 0 pada sisi kiri hingga putih dengan nilai 255 sebelah kanan. Ini artinya gambar sangat gelap akan memiliki puncah pada grafik kiri, sedangkan bila cerah, berada di grafik kanan.
Ideal paparan pada histogram disebut normal dengan puncah di tengah dengan beberapa pencahayaan tidak terlalu cerah dan idak terlalu gelap. Untuk memeriksa hasilnya, anda dapat melihat gambarnya langsung.
3.         Menggunakan Lensa Prime Tunggal
Menggunakan lensa prime akan menghindarkan dari distraksi ketika zoom in dan zoom out. Ketika anda berjalan maju atau menjauhi obyek, maka anda dapat mengambil gambar dengan stabil.  Dengan lensa ini juga anda dapat mengatur sudut tampakan gambar pada lensa. Pengaturan lensa juga dapat diatur berapa fokal panjangnya, sehingga fokus gambar tetap terjaga.
4.         Atur Keseimbangan Gambar
Mode automatik akan menyeimbangkan warna dan biasanya tidak bagus karena warnanya menjadi tidak natural seperti kenyataan. Sangat penting apabila kita memotret harus memerlukan gambaran yang alamiah, sehingga sesuai dengan obyek yang kita foto. Dengan pengaturan ini anda akan mengatur pencahayaan siang hari, saat mendung bahkan saat gelap untuk memproduksi foto yang baik. Foto yang cerah menandakan cuaca panas, sedangkan foto yang biru menandakan suasana dingin atau malam hari.
5.         Aturlah Keseimbangan Warna Putih secara Manual
Sangat mudah untuk mengatur kustomisasi keseimbangan warna putih pada kamera, dan kemudian dapat digunakan kartu abu-abu atau netral. Pada prakteknya memang agak sulit, karena sudut dari karti sangat mempengaruhi hasil final. Jika cahaya utama datang langsung diatas subyek, maka turunkan dan majulah ke obyek ini akan memberikan warna berbeda. Pelajarilah bagaimana menyeimbangkan warna putih.
6.         Postinglah foto tunggal setiap harinya
Selain mengambil gambar fashion dan memposting gambar ke media sosial seperti facebook dan instagram, mencoba untuk komitmen memposting gambar hasil jepretan anda akan membuat anda terbiasa memotret. Postinglah dengan tema dan genere foto yang berbeda dengan tingkat kesulitan, pengambilan sudut yang berbeda pula. Ini artinya anda akan mengidentifikasi gambar setiap harinya untuk identifikasi jepretan terbaik. Ini membutuhkan komitmen dan anda akan mendapatkan komentar kritikan dari apa yang anda posting. Bila ada komentar negatif, maka tetap semangat dan jangan menyerah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik yang membuat anda menjadi Fotografer Handal"

Post a Comment