Cara Membersihkan Telinga Dengan Aman


Cara Membersihkan Telinga Dengan Aman

 

Apakah anda pernah mengalami perasaan telinga seperti tersumbat? Adanya kelebihan serumen yang berakumulasi terkadang mengganggu pendengaran dan sulit dikeluarkan. Pada saat yang sama, anda mungkin membaca membersihkan menggunakan cotton bud yang mana tidak aman. Berikut kami berikan tips dan trik yang aman bagaimana cara membersihkan telinga dan apa saja yang harus anda lakukan, serta kapan harus ke dokter untuk periksa lebih lanjut.


Gejala Telinga Tersumbat

Serumen adalah agen pembersih telinga berupa kotoran kuning yang diproduksi tubuh. Fungsinya untuk mengumpulkan kotoran, bakteri dan berbagai debris di telinga. Biasanya serumen ini bekerja secara alamiah ketika anda mengunyah dan menggerakkan dagu anda.
Kebanyakan orang tidak membutuhkn pembersihan telinga. Terkadang, serumen dapat terkumpul dan mengganggu pendengaran. Ketika mencapai kondisi ini, disebut telah mengalami impaksi. Jika anda mengalami impaksi, maka dapat merasakan gejala seperti:
  •        Rasa gatal pada telinga yang terkena
  •        Sensasi penuh dan berdering pada telinga
  •        Gangguan pendengaran pada telinga yang terkena
  •        Bau dari telinga
  •        Pusing dan batuk
Anda mungkin berkembang cairan berlebih jika menggunakan alat bantu dengar atau penutup telinga. Pada orang tua dan orang dengan disabilitas, sangat berisiko terkena gangguan ini. Bentuk lubang telinga secara alamiah membuat pengeluaran serumen relatif sulit.

Langkah terbaik Mengobati Telinga Tersumbat

Cara aman membersihkan kotoran telinga ialah dengan ke dokter spesialis THT. Pada saat ini dokter akan menggunakan alat spesial seperti sendok serumen, forsep, alat sedot, untuk membuang berbagai sumbatan. Banyak kantor yang menawarkan irigasi profesional. Jika anda memilih untuk membuang kotoran telinga dirumah, maka ikuti langkah aman berikut ini.

1.      Kain Hangat

Penggunaan cottun bud akan mendorong serumen semakin dalam dari lubang telinga. Gunakan cotton bud jika hanya ingin membersihkan telinga luar. Anda harus mencoba menggunakan kain hangat.

2.      Pengencer Kotoran Telinga

Banyak farmasi menjual obat antinyeri tetes telinga yang juga mempunyai fungsi mengencerkan kotoran telinga. Tetes ini berupa laurtan dan biasanya terkandung bahan : minyak mineral, minyak baby, gliserin, piroksida, hidrogen piroksida dan salin. Tempatkan beberaa tetes di telinga anda, tunggu beberapa saat dan kemudian keluarkan air dari telinga. Ikuti intruksi di kemasan atau hubungi dokter terdekat anda jika gejala tidak membaik.

3.      Syringe suntikan

Anda mungkin membutuhkan irigasi pada telinga menggunakan syringe atau suntikan atau spuit. Pada proses ini, jangan ragu untuk memasukkan air atau larutan salin ke dalam lubang telinga anda. Metode ini sering lebih efektif pada penggunaan pertama pengencer kotoran telinga selama 15-30 menit sebelum dilakukan irigasi. Larutan hangat pada temperatur tubuh dapat menghindarkan dari pusing.

4.      Hilangkan perasaan Khawatir

Banyak orang tidak membutuhkan pembersihan pada telinganya secara rutin. Serumen harus dapat keluar dengan sendirinya. Jika anda menggunakan benda kecil seperti pin babby, cotton bud, maka dorongannya akan semakin mendorong kotoran telinga ke dalam lubang telinga. Akibatnya terjadi sumbatan yang lebih parah atau disebut dengan impaksi.
Aturan dari dokter bahwa, jangan sampai memasukkan benda apapun benda kecil, ke dalam lubang telinga anda. Dengan kata lain, jangan gunakan obyek tajam, cotton bud, dan benda lain yang dapat memicu rusak dan pecahnya gendang telinga serta meruak pendengaran anda secara permanen. Anda tidak harus mengirigasi telinga anda jika:
  • Anda memiliki penyakit diabetes melitus
  • Mempunyai komplikasi sistem imunitas
  • Terdapat lubang pada gendang telinga
  • Terdapat gangguan pada saluran telinga (saluran eustachius).

Demikianlah Cara membersihkan telinga dengan Aman Jika ada pertanyaan silakan tanya di komentar di bawah jika anda suka artikel ini silakan like dan jika bermanfaat silakan share. Untuk Mendapatkan Update artikel menarik dari kami  jangan lupa Like dan Follow Fanspage Trikalvaro



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membersihkan Telinga Dengan Aman"

Post a Comment