8 Tips Menidurkan Anak dan Bayi dengan Benar


8 Tips Menidurkan Anak dan Bayi dengan Benar


Gangguan tidur tidak hanya dialami oleh dewasa saja, melainkan juga dialami oleh anak-anak juga termasuk bayi.biasanya orangtua turut terganggu dengan anak yang sulit untuk tidur. Waktu tidur dapat menjadi perjuangan ketika anak sulit untuk tidur. Berikut ini kami uraikan tips dan trik agar putra dan putri anda mudah untuk tidur.

1.         Tentukan Waktu Tidur secara Personal kepada anak
Anak usia SD membutuhkan tidur setidaknya 9-11 jam setiap malamnya tetapi jumlah tidur dan polanya sangat berbeda antar satu individu dengan individu lainnya. Kebanyakan anak memiliki pola yang tidak berubah. Anak akan sulit memasuki tidur sebelum tubuhnya bersiap untuk tidur. Dengan mengetahui berapa banyak tidur kebutuhan anak anda, maka anda dapat mengestimasi tidur dari putra putri anda sesuai jamnya.
2.         Tentukan Waktu Bangun Tidur
Jika anda mengetahui berapa banyak anak anda membutuhkan tidur dan waktunya ke kamar, maka anda dapat menghitung secara matematis waktu bangunnya. Hal ini akan membuat tidurnya lebih teratur dan berkualitas dengan waktu yang cukup. Jam tambahan tidur akan berefek pada efek jet lag dan membuat tubuh anak tersebut merasa kecapekkan saat memasuki waktu tidur. Jagalah waktu tidur dan bangun dalam hitungan jam setiap harinya.
3.         Buatlah waktu tidur rutin dan Konsisten
Rutinitas menjadi hal yang penting bagi bayi, dan anak-anak. Melakukan hal sebelum tidur seperti berdongeng dan mandi, menandakan anak memasuki waktu tidur. Anda harus mengetahui anak telah relaksasi dandalam kondisi nyaman, dengan memberikan setting atmosfer tidur yang sempurna. Anak anda akan secara otomatis mengantuk dan mulai rutinitas dengan jam tidur dan kebiasaan yang sama.
4.         Matikan TV 2 jam sebelum waktu tidurnya
Penelitian menunjukkan bahwa cahaya dari layar televise, HP, dan monitor computer dapat mempengaruhi produksi hormone melatonin. Melatonin sangat penting mempengaruhi irama sirkardian seseorang. Ketika kadar melatonin tinggi, kebanyakan orang akan mengantuk dan bersiap untuk tidur. Hanya setengah jam terpapar TV sebelum tidur dapat mengganggu tidur anak. Sehingga sebelum waktunya tidur, silahkan matikan lampu kamar dan matikan TV 2 jam sebelum tidur.
5.         Kurangi Stress Sebelum waktu Tidur
Hormone lain yang berperan pada proses tidur disebut dengan kortisol, yang juga disebut dengan stress hormone. Ketika kadar kortisol tinggi, anak anda tidak dapat mengantuk dan tidak dapat tidur. Sebelum tidur, aktivitas anak harus calm dan ringan, lampu dimatikan dan suasana harus hening. Ini dapat membantu menghindarkan jumlah kortisol yang berlebih di tubuh anak.
6.         Ciptakan Lingkungan dan Suasana yang Menginduksi Tidur
Misal dengan mainan hewan-hewanan akan memudahkan anak tidur. Terlalu banyak mainan akan membuat anak sulit tidur. Selain itu di kamar hendaknya agak redup, kasurnya lembut, dan suasana tenang dan hening. Hal ini akan memudahkan anak tertidur.
7.         Lindungi anak dari Ketakutan
Menghilangkan rasa ketakutan anak seperti hantu, maka akan memudahkan anak tidur. Bila sulit, silahkan sebelum tidur, temani anak anda. Alternatifnya belilah mainan seperti boneka yang mana boneka tersebut diibaratkan penjaga dan teman tidurnya. Dengan menghilangkan rasa ketakutan anak, maka anak anda akan mudah tidur.
8.         Mengurangi Fokus pada tidur
Sepertihalnya pada orang dewasa, anak dapat mengalami gangguan menidurkan otak ketika malam. Dengan mengurangi focus anak, maka kecemasan pada anak juga akan turun. Cara menurunkan fokus yakni dengan relaksasi dan menjaga anak tetap tenang. dengan demikian, anak akan mudah tidur.
Demikianlah 8 Tips Menidurkan Anak dan Bayi dengan Benar Jika ada pertanyaan silakan tanya di komentar di bawah jika anda suka artikel ini silakan like dan jika bermanfaat silakan share. Untuk Mendapatkan Update artikel menarik dari kami  jangan lupa Like dan Follow Fanspage Trikalvaro


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Menidurkan Anak dan Bayi dengan Benar"

Post a Comment