8 Cara mengeluarkan Air dari Telinga


8 Cara mengeluarkan Air dari Telinga

Berenang sering menjadi penyebab masuknya air di lubang telinga dan sering mengganggu pendengaran kita. Jika ini terjadi maka penderita akan merasakan sensasi penuh di telinga. Perasaan ini dapat meluas di tulang dagu dan tenggorokan. Anda juga dapat mendengar dengan baik atau dengan suara yang lirih. Biasanya air dapat keluar dengan sendirinya. Jika gagal, maka air akan terperangkat dan memicu peradangan infeksi di telinga dalam. Tipe infeksi elinga ini disebut dengan swimmer ear atau otitis eksterna. Berikut ini kami uraikan bagaimana tips dan Cara mengeluarkan air dari telinga.


1.      Goyangkan Kepala Anda

Cara pertama untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan menggoyangkan air keluar dari telinga anda. Silahkan kepala anda geser kedepan dan ke belakang dengan gerakan ritmis. Anda juga dapat mencoba untuk gerakan dari sisi ke sisi dengan posisi ini.

2.      Membuat Gravitasi

Dengan teknik ini, gravitasi harus dibuat dengan titik tertentu dan membantu air keluar dari air mata misal dengan memiringkan telinga di bawah daripada lubang yang normal. Cobalah berbaring satu sisi selama beberapa menit, dengan kepala dialasi handuk untuk menyerap air. Air mungkin secara lambat mengalir dari telinga.

3.      Menggunakan Vakum Penyedot

Metode ini dengan membuat sedotan atau vacum yang menyedot air keluar dari lubang telinga. Caranya silahkan angkat kepala anda pada satu sisi, kemudian istirahatkan telinga anda. Tanpa ragu dorong tangan ke belakang, dan ke depan telinga dengan gerakan cepat. Hal ini akan memicu gaya dorong dan sedot yang hebat. Dengan gerakan ini air dapat keluar.

4.      Lakukan Kompres Hangat

Air yang terjebak terkadang berada di saluran eustasius yang mana saluran penghubung telinga tengah dan tenggorokan. Teknik ini dapat membantu mengeluarkan air. Gunakan air hangat, dan handuk hangat. Cobalah membungkuk kepala ke samping dan ke bawah. Tempatkan handuk di sisi telinga. Diamkan selama 30 detik, dan kemudian ambil selama satu menit. Ulangi langkah ini empat hingga lima kali. Ini akan membantu air turun pada sisi berlawanan pada tubuh.

5.     Gunakan Blower Pengering

Panas dari pengering dapat membantu evaporasi air pada lubang telinga. Tempatkan blower pengering pada titik terendah. Pegang hair dryer tersebut dan sedikit dijauhkan dari telinga. Ayunkan ke depan dan belakang lubang telinga. Adanya hangat dari pengering ini akan membantu air mengering.

6.      Gunakan Tetes Telinga Hidrogen Piroksida

Hidrogen piroksida dapat membantu membersihkan debris, serumen, bakteri dan benda asing apapun yang terperangkap di telinga anda. Anda dapat menggunakan penetes, dengan tiga hingga empat tetes hidrogen piroksida di telinga. Tunggu dua hingga tiga menit. Angkat kepala pada satu sisi, dan biarkan air mengalir keluar. Jangan gunakan teknik ini jika terdapat infeksi telinga luar, perforasi gendang telinga dan terpasang tabung timpanostomi.

7.      Cobalah Olive Oil

Olive oil dapat juga mencegah infeksi di telinga dan membuang air keluar. Hangatkan olive oil pada handuk kecil. Gunakan penetes bersih, dan tempatkan beberapa tetes oil di telinga yang terkena. Silahkan berbaring di satu sisi selama 10 menit, dan kemudian duduk berdiri maka air dapat keluar bersama olive oil tersebut.

8.      Mengunyah Permen Karet

Ketika air masuk ke saluran eustasius, maka pergerakan mulut dapat membantu membuka saluran tersebut. Dengan mengunyah permen karet, maka gaya pada tuba eustasius akan menurun sehingga air dari lubang telinga dapat keluar dengan baik.

Demikianlah 8 Cara mengeluarkan Air dari Telinga Jika ada pertanyaan silakan tanya di komentar di bawah jika anda suka artikel ini silakan like dan jika bermanfaat silakan share. Untuk Mendapatkan Update artikel menarik dari kami  jangan lupa Like dan Follow Fanspage Trikalvaro

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara mengeluarkan Air dari Telinga"

Post a Comment